Sunday, March 15, 2020

Pentingnya Maintenance Website Secara Rutin



Mengapa Kita Harus Rutin Maintenance Website?

Maintenance website merupakan hal terpenting dalam pengelolaan sebuah website. Memiliki website yang tidak up to date, "konten website yang jarang di update atau tampilan website yang ketinggalan zaman". Pengunjung mana yang akan betah mengunjungi website Anda?

Ketika pengunjung melihat sesuatu di internet mereka ingin mencari informasi yang menguntungkan bagi mereka. Dengan adanya menu-menu menarik pada website, tampilan yang fresh, loading cepat, adanya plugin share media sosial dan konten yang berkualitas menjadi syarat utama agar website Anda tetap terjaga posisinya dan memiliki citra positif bagi pengunjung.

Pengunjung ingin melihat produk/jasa terbaru, oleh karena itu konten website Anda harus up to date, jangan sampai Anda memiliki usaha dengan marketing website namun setengah-setengah sehingga Anda hanya update konten 4 bulan sekali atau bahkan tidak pernah sama sekali. Maintenance website adalah hal penting yang harus rutin dilakukan, mengapa? Karena website adalah cermin seberapa profesional usaha Anda. Tentunya ini berpengaruh juga dengan layanan hosting atau layanan cpanel murah yang Anda pilih. Jadi jangan sampai Anda salah memilih layanan, pilihlah layanan yang benar-benar terpercaya yang bisa meningkatkan kualitas dan perkembangan website Anda.

Baca juga: Cara Membuat Website Gratis Menggunakan Wordpress 

Pentingnya Maintenance Website Secara Rutin

  • Memperbaiki tampilan website yang ketinggalan zaman atau kurang menarik perhatian pengunjung. Hal ini perlu adanya perbaikan agar tampilan website Anda terlihat fresh dan lebih informatif dari tampilan sebelumnya. Jangan sampai tampilan website Anda berantakan dan jadul, terkesan tidak profesional dan meragukan konsumen.
  • Menjaga pengunjung dan pelanggan selalu mengikuti update usaha Anda. Informasi sekecil apapun Anda harus berikan informasi tersebut dalam bentuk artikel maupun konten lainnya. Jangan sampai produk yang sudah tidak dijual masih ada dihalaman utama toko online Anda.
  • Menjaga posisi website Anda dihalaman search engine #1. Bayangkan jika website Anda menghilang dan sulit untuk ditemukan oleh pelanggan? Dan pastinya pelanggan akan beralih ke pesaing Anda. Untuk itu penting untuk Anda melakukan teknik SEO. Optimasi SEO akan menguntungkan website Anda karena bisa mempertahankan posisi website Anda dalam kurun waktu yang lama.
  • Memperluas jaringan bisnis online. Pengunjung lebih menyukai website yang ringan diakses dan memberikan respon cepat. Maintenance dilakukan agar Anda dapat memberikan layanan yang maksimal kepada pengunjung. Dan apabila website Anda informatif dan memberikan pengalaman yang menyenangkan untuk pembacanya, bukan mustahil Anda bisa mendapatkan lebih banyak jaringan bisnis online dari website Anda.
  • Menjaga website agar tetap aman baik dari serangan virus atau bahkan hacker. Untuk mencegah hal ini, solusinya adalah terus melakukan monitoring terhadap serangan yang dilakukan terhadap website, apabila perlu lakukan back up data secara berkala, sebagai rencana cadangan apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
Nah, itulah pentingnya maintenance website secara rutin. Semoga bermanfaat!

Baca juga:
Teknik SEO Onpage dan Offpage yang Wajib Kamu Ketahui
Apa itu WHMCS? Begini Pengertian Fungsi Serta Kelebihannya!
Apa Itu Database Server? Begini Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya!
Pengertian FTP Server, Jenis Serta Fungsinya!

No comments:

Post a Comment