Tuesday, March 17, 2020

Mengenal Jenis-Jenis Database



Database merupakan sebuah program komputer yang menyediakan layanan data untuk disalurkan ke komputer atau program komputer lainnya dengan menggunakan model klien-server. Istilah ini juga merujuk kepada sebuah komputer yang didedikasikan untuk menjalankan program yang bersangkutan. Pada umumnya sering menyediakan fungsi-fungsi server dan beberapa DBMS (Database Management System). Misalnya, MySQL atau Microsoft SQL Server yang sangat bergantung pada model klien-server untuk mengakses datanya.

Pada umumnya database terdiri dari data yang digunakan oleh banyak user atau pengguna, dari masing–masing user tersebut tentunya memiliki keperluan yang berbeda–beda juga. Dengan adanya hal ini suatu sistem manajemen database juga dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis dengan fungsi dan kegunaan masing–masing.

Jenis-Jenis Database
  1. Operational Database adalah database yang menyimpan data mendetail yang dibutuhkan untuk mendukung operasi suatu organisasi secara keseluruhan.
  2. Analytical Database adalah database untuk menyimpan informasi dan data yang diambil dari operasional dan eksternal database.
  3. External Database adalah database yang menyediakan akses ke luar, dan data pribadi online
  4. Distributed Database adalah kelompok kerja lokal database dan departemen di berbagai kantor dan lokasi kerja yang lainnya.
  5. Data Warehouse adalah sebuah gudang data yang menyimpan berbagai data dari tahun-tahun sebelumnya hingga saat ini.
  6. End-User Database adalah basis data pengguna akhir yang terdiri dari berbagai file data yang dikembangkan dari end-user dalam workstation mereka.
  7. Real Time Database adalah sistem pengolahan yang dirancang dalam menangani beban kerja suatu negara yang bisa berubah-ubah, mengandung data terus menerus dan sebagian tidak berpengaruh terhadap waktu.
  8. Relational Database adalah standar komputasi bisnis, dan basis data yang paling umum dipakai saat ini.
  9. Document Oriented Database adalah salah satu perangkat lunak komputer yang dibuat untuk sebuah aplikasi dan berorientasi pada dokumen.
  10. In Memory Database adalah database yang tergantung pada memori untuk menyimpan informasi/ data pada komputer.
  11. Navigational Database pada navigasi database, queries menemukan benda bagi yang mengikuti referensi dari objek tertentu.
  12. Hypermedia Database on the web adalah sekumpulan halaman multimedia yang saling berhubungan dalam sebuah website, yang terdiri dari homepage dan hyperlink dari multimedia (gambar, teks, grafik audio, dan lain-lain).
Nah, itulah beberapa jenis Database yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:
Apa Itu Database Server? Begini Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya!
Jenis-Jenis Server dan Pengertiannya!
Pengertian Proxy Server, Jenis, Fungsi Serta Manfaatnya!

No comments:

Post a Comment