Thursday, March 5, 2020

Pengertian SSH Server Serta Fungsinya!



Maxindo Content Solution. SSH itu apa sih? Yuk simak informasinya berikut ini.

SSH (Secure Shell) adalah sebuah protocol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman. Dalam konsepnya penggunaan SSH ini harus didukung oleh server maupun perangkat atau komputer klien yang melakukan pertukaran data. Keduanya harus memiliki SSH Server dari sisi komputer server dan SSH Klien untuk komputer penerima (klien).

SSH sendiri banyak digunakan pada sistem operasi berbasis UNIX dan LINUX untuk mengakses akun Shell. SSH dirancang sebagai pengganti telnet dan protocol remote shell lainnya yang tidak aman seperti rsh Berkeley dan protocol rexec yang mengirim informasi, terutama kata sandi dalam bentuk teks sederhana yang membuatnya mudah dicegat. Enkripsi yang digunakan oleh SSH menyediakan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman seperti internet.

Baca juga: Pengertian Telnet Server, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya!

Fungsi utama SSH yaitu untuk menggantikan protokol sebelumnya yang dianggap sangat rentan terhadap pencurian data melalui malware berbahaya. Protokol tersebut antara lain adalah rlogin, telnet, dan protokol rsh.

Fungsi Lain SSH (Secure Shell)

  • Melakukan enkripsi data yang dikirim.
  • Protocol untuk pertukaran data dalam suatu jaringan.
  • Otentifikasi yang merupakan mekanisme untuk memastikan pengiriman dan penerimanya benar dan aman.
  • Kerahasiaan untuk memastikan kerahasiaan data yang dikirim agar hanya diketahui oleh penerima dan pengirim.

Jadi kesimpulannya. Dengan menggunakan SSH ini, Anda dapat meningkatkan keamanan data pada komputer Anda ketika mengakses internet, karena dengan adanya SSH sebagai perantara koneksi internet Anda, SSH akan memberikan enskripsi pada semua data yang terbaca, baru mengirimkannya ke server lain. Selain dapat melakukan enskripsi data, SSH juga memiliki kemampuan melakukan Port Forwarding yang mana memungkinkan Anda dapat melakukan koneksi aplikasi TCPdengan lebih aman dan Anda dapat melakukan koneksi dengan membypass firewall atau proxy setempat.

Nah, itulah Pengertian SSH Server Serta Fungsinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dishare ya!

Artikel terkait:
Pengertian FTP Server, Jenis Serta Fungsinya!
Mengenal Jenis, Fungsi dan Cara Kerja DNS Server!
Jenis-Jenis Server dan Pengertiannya!
Penyedia Jasa cPanel Murah

No comments:

Post a Comment