Wednesday, March 25, 2020

Pengertian Fungsi Serta Cara Kerja CDN



CDN itu Apa Sih? Yuk simak ulasannya berikut ini.

CDN (Content Delivery Network). CDN adalah sebuah jaringan yang bisa memberikan konten statis cache dari suatu situs yang selanjutnya diberikan pada pengunjung yang berdasar pada letak geografis pengunjung. Pengertian CDN dan fungsinya adalah jaringan yang berfungsi untuk mempercepat loading suatu website.

Fungsi CDN (Content Delivery Network)

  • Meningkatkan kecepatan akses website untuk pengguna
  • Memblokir scraperm, spammer serta bot negatif lainnya
  • Mengatasi beban traffic yang tinggi
  • Melokalisasi cakupan pengguna tanpa dipungut biaya
  • Menjaga keseimbangan beban kerja diantara beberapa server
  • Mengurangi penggunaan bandwidth dari pengguna maupun pada penyedia konten
  • Melindungi website dari ancaman DDos
  • Menjaga/Mengamankan aplikasi


Cara Kerja CDN (Content Delivery Network)

Sebuah web atau aplikasi yang diakses secara online pastinya punya server pusat yang menyimpan seluruh data web tersebut. Ketika seseorang mengakses atau menggunakan layanan web tersebut, maka komputernya akan mengirim request http ke pusat server meminta data untuk ditampilkan. Setelah itu, server akan memproses permintaan itu dan mengirimkan data yang diminta komputer pengakses. Data ini bisa berupa halaman web, video, gambar dan sebagainya.

Pada umumnya, untuk proses permintaan dan penerimaan itu tentunya membutuhkan waktu. Kecepatan proses tersebut ditentukan beberapa faktor. Salah satunya adalah jarak antara server dan komputer pengakses (klien). Semakin jauh jaraknya, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk proses tersebut.

Oleh sebab itulah, website-website yang diakses dari berbagai belahan dunia perlu server-server lain yang ditempatkan di berbagai tempat di dunia agar pengaksesannya di wilayah tersebut lebih cepat. Server-server inilah yang disebut CDN Server(CDNS). CDNS ini berisi salinan data-data dari server utama, sehingga ketika client mengakses web tersebut data yang diminta dan diterima bukan dari server utama, melainkan dari cdns sehingga prosesnya lebih cepat.

Nah, itulah Pengertian Fungsi Serta Cara Kerja CDN. Semoga bermanfaat!

Baca juga:
Manfaat SSL Untuk Situs Online Anda
Mengenal Jenis-Jenis Database
Pentingnya Maintenance Website Secara Rutin
Membuat Website Menggunakan Blogger.com

No comments:

Post a Comment