Saturday, March 7, 2020

Pengertian Shared Hosting, Keuntungan dan Kerugian Menggunakannya!


Shared Hosting itu apa sih? Mari kita simak ulasannya berikut ini bersama-sama.

Shared Hosting adalah sebuah layanan web hosting murah dimana sebuah server digunakan bersamaan dengan account hosting milik orang lain. Semua account yang berada di dalam server yang sama ini, secara keseluruhan berbagi resource hardware dan service bersama-sama. Sehingga setiap account yang berada di dalam server ini memiliki batasan-batasan dalam penggunaan resourcenya. Mereka tidak bisa menggunakan resource secara keseluruhan, karena mereka harus berbagi satu sama lain.

Jika ada salah satu account yang menggunaan resource secara berlebih dan mengalami error, maka account lain yang berada dalam satu server yang sama akan terkena imbasnya. Pada umumnya hal ini jarang terjadi, karena pihak provider akan selalu memantau website-website yang berada pada server tersebut. Jika terlihat ada yang menggunakan resource berlebih, pasti mereka mengambil tindakan terhadap website atau account tersebut, sehingga tidak sampai mengganggu website pada account lain dalam satu server.

Artikel Terkait: Tips Memilih Hosting Dengan Tepat

Keuntungan Menggunakan Shared Hosting
  • Dengan menggunakan shared hosting Anda tidak perlu membuang-buang waktu Anda hanya untuk mengurusi sebuah server karena semuanya sudah diurus dan dikelola oleh shared hosting.
  • Tak perlu mengeluarkan banyak biaya, karena shared hosting ini tergolong murah. 
Kerugian Menggunakan Shared Hosting
Dimana ada keuntungan disitu pasti ada kerugian. Adapun kerugian menggunakan shared hosting adalah sebagai berikut:

Situs Down
Karena penggunaan server hosting di bagi dengan pengguna lainnya, maka kemungkinan hal ini bisa memperlambat situs Anda bahkan bisa membuat situs Anda menjadi down karena meningkatnya lalu lintas dan terlalu banyak sumber daya yang bekerja bersama-sama.

Tidak Memiliki Kebebasan
Ketika menggunakan shared hosting, maka Anda tidak akan memiliki kebebasan untuk menyesuaikan server Anda karena Anda tidak memiliki akses untuk melakukan hal tersebut.

Nah, itulah Pengertian Shared Hosting, Keuntungan dan Kerugian Menggunakannya!. Semoga bermanfaat dan bisa menjadikan panduan untuk Anda dalam memilih shared hosting yang berkualitas dan terpercaya.


Baca juga:
Cara Login cPanel Dengan Mudah dan Cepat
Penyedia Jasa cPanel Murah
Layanan Jasa Sewa Server Unlimited, Murah dan Cepat
Pengertian VPS dan Jenisnya

No comments:

Post a Comment