Tuesday, March 10, 2020

Pengertian Fungsi Serta Cara Kerja Mail Server


Mail Server merupakan sebuah layanan atau server yang digunakan untuk mengirim atau menerima sebuah email. Mail server dapat digunakan untuk mengolah, mengirim, dan menerima data-data dalam bentuk email dengan menggunakan domain email khusus atau domain sendiri.

Protokol utama yang digunakan untuk mengakses email dari mail server yaitu:
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol). SMTP digunakan untuk menampung data serta mengirim email. Sedangkan POP3 (Post Office Protocol v3) dan IMAP (Internet Mail Application Protocol) digunakan agar user dapat mengambil dan membaca email secara remote yaitu tidak perlu login ke dalam sistem shelll mesin mail server tetapi cukup menguhubungi port tertentu dengan mail client yang mengimplementasikan protocol POP3 dan IMAP.

Fungsi Mail Server

Fungsi mail server yaitu untuk mengatur email agar dapat dikirim atau diterima dengan aman dan tidak ada kendala. Selain itu, juga digunakan untuk mengatur dan mengolah email – email yang masuk ke dalam kotak pesan masuk. Tujuan dari mail server ini adalah membuat transportasi email menjadi lebih cepat, aman, nyaman, tanpa ada gangguan.

Cara Kerja Mail Server

Pada umumnya cara kerja mail server dapat dijelaskan sebagai berikut. Awalnya email-email yang dikirim oleh pengirim akan disimpan dalam database mail server. Dalam email yang dikirim, tentu terdapat informasi tentang tujuan penerima email dan asal pengirim, serta waktu pengiriman. Saat penerima membaca email tersebut, artinya penerima telah mengakses mail server dan membaca email yang tersimpan dalam database mail server melalui aplikasi ataupun browser.

Komponen Mail Server

  • MUA (Mail User Agent). Tugas MUA adalah menerima, membuat serta mengirimkan email.
  • MTA (Mail Transport Agent). Tugas MTA adalah untuk mengurus bagian program pengiriman email, memproses yang masuk dan menentukan alamat tujuan.
  • MDA (Mail Delivery Agent). Tugas MDA adalah sebagai agen pengiriman email.

Diatas adalah pengertian fungsi serta cara kerja mail server.  Semoga bermanfaat!

Baca juga:
Tips Membuat Domain yang Tepat untuk Website
Pengertian CMS, Kelebihan Serta Kekurangannya!
Mengenal Jenis, Fungsi dan Cara Kerja DNS Server!
Pengertian Shoutcast Serta Kelebihan dan Kekurangannya!

No comments:

Post a Comment