Tuesday, March 3, 2020

Pengertian Telnet Server, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya!


Maxindo Content Solution. Telnet Server itu apa sih? Yuk, simak pengertian telnet server, fungsi, kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Pengertian Telnet Server

Telnet adalah singkatan dari "Telecommunications Network Protocol", yang merupakan sebuah remote login pada sebuah jaringan internet yang disebabkan oleh adanya service dari protocol telnet. Dengan adanya sebuah telnet maka memungkinkan pengguna untuk dapat mengakses komputer lain menggunakan remote dengan menggunakan sebuah jaringan internet.

Menurut pengertian lainnya telnet adalah perangkat lunak (software) sebuah protocol yang memungkinkan pengguna untuk dapat login dan bekerja pada sistem jarak jauh, seperti ketika terdapat program ataupun file yang tersimpan di komputer jarak jauh yang berada pada komputer pengguna itu sendiri.

Teknologi telnet sendiri menggunakan dua program yaitu client dan server. Program pada client ini digunakan untuk meminta layanan pada server, sedangkan program yang terdapat pada server akan memberikan layanan yang diminta oleh client.

Baca juga: Jenis-Jenis Server dan Pengertiannya!

Fungsi Telnet
Fungsi dari telnet sendiri yaitu untuk dapat mengakses komputer dari jarak jauh. Karena telnet ini bisa memungkinkan komputer pengguna itu untuk menjadi terminal dari komputer yang lainnya yang terdapat dijaringan internet. Dan telnet ini juga memungkinkan bagi seluruh penggunanya untuk dapat melakukan login yang mana sebagai pemakai komputer jarak jauh serta juga menjalankan program komputer layanan yang juga terdapat di komputer tersebut.

Kelebihan Telnet Server
Kelebihan jika menggunakan Telnet Server adalah user interface yang cukup ramah, maksudnya pengguna dapat memberikan perintah dari jarak jauh (remote) jadi seolah-olah penggunanya mengeksekusi perintah pada command line pada komputer.

Kekurangan Telnet Server
Kekurangan Telnet Server  yaitu pada pengguna NTLM authentication tanpa adanya sebuah enkripsi sehingga memudahkan sniffers mencuri password dan data kita. Jika kita administrator sistem maka disarankan agar menggunakan SSH pada linux dari pada menggunakan telnet server untuk mengkonfigurasi sistem kita.

Nah, itulah pengertian fungsi, kelebihan dan kekurangan Telnet Server. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya!

Baca juga:
Pengertian Web Hosting dan Fungsinya
Apa itu Website? Begini Pengertian dan Jenisnya!
Pengertian Domain dan Jenisnya!

No comments:

Post a Comment